Jumat, 13 Juli 2012

TAHUN PELAJARAN BARU TIBA APA YANG ANDA (GURU) LAKUKAN ?


SEMANGAT ITU DIKEJAR BUKAN DIAJARKAN

    Kita semua selalu mengharapkan setiap (awal) Tahun Pelajaran baru akan berjalan dengan siswa menyenangkan dan produktif bagi para siswa maupun bagi guru bahkan bagi semua yang terlibat dalam dunia pendidikan pada umumnya. 
    Untuk mencapai semua itu kita harus mulai dengan memotivasi diri kita sendiri terlebih dahulu. Bagaiman caranya ? Jawabnya mudah : setiap kita akan melaksanakan tugas (mengajar) anda harus menyiapkan segalanya dengan matang termasuk materi yang dikemas secara menarik dan menyenangkan sehingga dapat memberikan stimulus pada rasa ingin tahu yang sangat besar pada diri siswa yang akan anda layani di sekolah. Jika anda merasa kurang bersemangat dan tidak total perhatian anda pada kelas (siswa) , maka sebagai imbasnya siswapun akan merasakan hal yang sama dengan yang anda rasakan/anda lakukan. Sebaliknya katakan kepada mereka (siswa) betapa anda ingin melalui/menjalani Tahun Pelajaran ini bersama mereka/siswa dengan indah dan menyenangkan. Bahkan anda  juga dapat bertanya apa yang mereka harapkan dari guru mereka (tentu saja anda akan menjadi segalanya bagi mereka/siswa). 
    Bangunlah semangat  pada awal tahun pelajaran baru pada siswa dengan diawali pada diri anda sendiri ; persiapkan diri anda dengan matang jangan terlambat datang di tempat kerja , berikan senyum sapa dan salam hangat pada siswa anda , aturlah ruang kelas secara eksklusif semenarik mungkin (tidak harus konvensional) sehingga secara psykologis akan menimbulkan kesan pertama yang baik pada siswa dan akan memberikan dampak positif pada siswa , bersikap ramah pada mereka namun tidak berarti menjadi teman bagi merka. Semangat harus ditumbuhkan , semangat harus dikejar bukan untuk diajarkan !
Selamat mengawali Tahun Pelajaran baru dengan penuh semangat !!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar